Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting

Domain alias atau bisa juga disebut parked domain adalah penggunaan beberapa domain untuk mengakses satu situs. Jadi meskipun alamatnya berbeda, namun ketika dibuka ternyata isinya sama.

Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting
Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting

Sebagai contoh misalnya domain utama untuk hosting anda adalah domaindomain.com, tapi anda juga memiliki domain lain yakni domaindomain.net. ketika anda membuka domaindomain.net, maka isi situs sama dengan domaindomain.com. Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting ini tentu sangatlah mudah.

Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting ini bisa anda lakukan hanya jika anda sudah mengupdate nameserver domain yang baru (tambahan) ke nameserver hosting anda.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka cPanel lalu log in. Kemudian scroll menu ke bawah dan pilih parked domains. Disitu anda akan diminta untuk memasukkan nama domain baru yang ingin anda parkir.

Jika sudah menentukan nama yang sesuai, silahkan klik “add domain!”. Maka domain baru anda telah selesai dibuat dan bisa langsung digunakan untuk menuju ke domain utama.

Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting

Berikut adalah Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting yang selanjutnya:

  • Setelah muncul pernyataan jika pembuatan parked domains sudah berhasil, klik “go back”
  • Lalu akan muncul jendela dimana tersedia daftar parked domains yang sudah anda buat
  • Domain alias ini juga bisa dihapus dengan cara klik ‘remove’ di samping list, lalu pilih yes.
  • Anda bisa membuat domain alias sebanyak mungkin. Namun harus disesuaikan dengan paket hosting yang anda gunakan.

Sudah terbukti dengan langkah-langkah di atas bahwa Cara Membuat Domain Alias Dalam cPanel Hosting sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya hanya dengan waktu kurang dari 5 menit.

Anda bisa membuat domain alias sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini, maka anda bisa memanfaatkan domain anda yang sedang menganggur.

Serta dapat menyebarkan informasi yang ada pada situs tersebut dengan lebih luas. Semakin banyak domain, maka semakin banyak kesempatan untuk para pengguna internet membukanya. Sehingga isi situs bisa lebih popular dibandingkan tanpa menggunakan domain alias.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *